Guide to Studying and Living in Turkey







Guide to Studying and Living in Turkey

Selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan selamat malam bagi yang membaca artikel blog saya edisi ke-3 ini. Kali ini saya pengen berbagi cerita selama saya menuntut ilmu di Negara Turki dan beberapa tips-tips bagi temen-temen yang berkeinginan belajar dan tinggal di Turki. Saya berharap setelah kalian membaca artikel ini, kalian akan mengetahui apa-apa aja yg kalian perlukan untuk memulai kehidupan yang baru sebagai pelajar di salah satu negara yang menakjubkan ini. Belajar di Turki merupakan salah satu pengalaman unik karena kalian akan melihat apa saja perbedaan-perbedaannya serta juga universitas-universitasnya yang terkenal dan diakui di dunia internasional. Perlu kalian tau, Turki berhasil menarik para pelajar dari sekitar 149 negara yang berbeda. Penasaran pengen tau lebih jauh, yuk scroll down your mouse to read more



A. Tentang Turki
Nama Negara : Republik Turki
bendera turki
bendera turki
 Ibu Kota : Ankara
Kepala Negara : Presiden Abdullah Gül
Perdana Menteri : Recep Tayyip Erdoğan
Jumlah Penduduk : 72.561.312 jiwa (2011)
Mata Uang : Turki Lira
Lagu Kebangsaan : Istiklal Marsi
Zona waktu : GMT+2 (EET (UTC+2))
Waktu musim panas : GMT+3 (EEST (UTC+3))
 Nama domain internet : .tr
Kode Telefon Internasional : +90
Mustafa Kemal Ataturk (Presiden pertama Turki)
Republik Turki (bahasa Turki: Türkiye Cumhuriyeti) disebut Türkiye (bahasa Turki: Türkiye) adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya itu terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya sampai daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat; Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediterania di sebelah selatan. Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental.
bareng temen-temen di masjid Sultan Ahmed
pembagian wilayah di turki

 B. Pembagian Wilayah
Wilayah Turki dibagi ke dalam 81 provinsi untuk tujuan administrasi. Provinsi- provinsi tersebut dikelompokkan lagi ke dalam 7 wilayah untuk tujuan kepentingan sensus. Ke-tujuh wilayah itu adalah Marmara, Ege, Karadeniz, İç Anadolu, Doğu Anadolu, Akdeniz, dan Güneydoğu Anadolu. Provinsi-provinsi sesuai dengan jumlah penduduk terbanyak adalah İstanbul (13 juta jiwa), Ankara (5 juta jiwa), İzmir (4 juta jiwa), Bursa (3 juta jiwa), dan Adana (2 juta jiwa).

C. Negara 4 Musim
Turki termasuk negara yang memiliki empat musim,
·         Musim Panas ( Summer/Yaz ) Juni-Agustus
·         Musim Gugur ( Autumn/Sonbahar ) September-November
·         Musim Dingin ( Winter/K ış) Desember-Februari
·         Musim Semi ( Spring/ İ lkbahar ) Maret-Mei

Ini nih uniknya di turki, perlu kalian ketahui bahwa perbedaan waktu antara Indonesia dengan Turki adalah empat jam pada musim panas dan lima jam pada musim dingin. Pada akhir bulan Oktober dan  akhir bulan Maret terdapat perubahan jam, dimana jam dimajukan atau dimundurkan satu jam.
winter in ODTU

playing ski in erciyes

E. Budaya dan Etika


1.  Memanggil Seseorang

 Untuk memanggil seseorang haruslah berhati-hati. Berikut panggilan yang biasa dipergunakan
a.       Abi (kakak laki-laki/mas), dipergunakan untuk orang yang lebih tua dari kita.
b.      Abla (kakak perempuan/mbak), dipergunakan untuk orang yang lebih tua dari kita.
c.       Hocam (guruku), dipergunakan bagi orang yang sudah tua, guru, atau dosen.
d.      Hoca yang berarti guru, diperuntukkan bagi orang yang faham terhadap ilmu agama. Biasanya dipakai untuk para imam masjid ( Cami )
e.      Kardeş (saudara) diperuntukkan untuk orang yang lebih muda dari kita.
f.        Kanka, dostum , ditujukan kepada teman yang sangat dekat dengan kita.

2. Memberikan Salam

Orang Turki sangat suka sekali ketika memberikan salam pada siapapun. Berikut beberapa salam yang biasa diucapkan diantaranya:
a. Merhaba (Hai),
b. Günaydın/Hayırlı Sabahlar/ İyi Sabahlar (Selamat Pagi),
c. İyi Günler (Selamat Siang),
d. İyi Akşamlar (Selamat Petang), dan
e. İyi Geceler (Selamat Malam).

3. Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih bermacam-macam : Teşekkürederi m, sağ olun, Allah razı olsun, Eyvallah . Ucapan yg biasanya dijawab dengan: rica ederim, bir şey değil, önemli değil .
4. Ucapan Do’a
Masyarakat Turki memiliki budaya yang unik, yaitu mereka selalu saling mendoakan satu sama lain dalam bahasa Turki. Berikut doa-doa yang sering dipergunakan:
a. Kolay Gelsin . Diucapkan bagi seseorang yang sedang bekerja.
b. Hayırlı işler . Diberikan pada pekerja yang sedang melaksanakan tugasnya.
c. Ellerinize sağlık . Diberikan pada orang yang telah membuat masakan.
d. Afiyet olsun . Diucapkan bagi orang yang sedang menyantap makanan.
e. Kesenize bereket versin . Diberikan bagi orang yang memberikan sesuatu.

5. Bertemu dan Berpisah

 Ketika dua orang Turki bertemu dan berpisah maka mereka pasti akan bersalaman dan menghubungkan kepala mereka. Kadang-kadang jika sudah tidak bertemu dalam jangka waktu yang lama, mereka biasanya berpelukan.

6. Budaya Antri

 Budaya antri bisa kita perhatikan ketika akan memasuki bis atau tempat lainnya. Budaya antri menjadi budaya yang dipraktikan oleh masyarakat Turki dalam kehidupan sehari-hari.

7. Merokok

Merokok di dalam ruangan adalah hal yang dilarang. Di berbagai tempat kita dapat mudah melihat tulisan “ Sigara İçilmez ” (Dilarang Merokok). Terlebih, apabila merokok di dalam ruangan akan dikenakan denda. Walaupun demikian, di tempat umum yang terbuka, kita dapat dengan mudah melihat orang-orang Turki merokok.

8. Meludah

Meludah di tempat umum adalah hal yang sangat tidak dianjurkan, karena termasuk perbuatan yang mendapat celaan.

F. Agama

Turki itu merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Diperkirakan jumlah penduduk yang beragama Islam mencapai 96%.  Walaupun demikian, pengaruh sekularisme (faham yang memisahkan agama dari kehidupan bernegara) masih bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi secara perlahan pengaruh itu mulai memudar seiring dengan tumbuhnya berbagai macam kelompok masyarakat yang menginginkan kebebasan dalam menjalankan keyakinannya.

Biaya Hidup
Biaya hidup di Turki sebenarnya tidak berbeda jauh dengan di Indonesia, asalkan kita bijak dalam menggunakannya. Saya kira kira minimum biaya hidup untuk pelajar internasional adalah $200 sampai $300 perbulannya tergantung pada cara hidupnya. Berikut adalah rincian harga di Turki.


A. TRANSPORTASI
Kota-kota di Turki mempunyai sistem transportasi dan juga armada yang modern dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Armada transportasi ini disediakan baik oleh pihak pemerintah kota baik oleh pihak swasta. Beberapa jenis kendaraan umum yang disediakan pemerintah kota adalah tramvay , otobüs , metro , dan kapal laut ( vapur ). Sedangkan kendaraan umum yang disediakan oleh pihak swasta adalah otobüs , taksi dan dolmuş.
tramvay
otobus


dolmus


















Transportasi di Turki tergolong mahal, mengingat harga bahan bakar yang mahal. Perlu kalian tau harga bensin se-liter 5 TL (atau sekitar Rp 25.000,00). Tarif transportasi untuk setiap kota tentu berbeda-beda. Untuk di Istanbul, tarif umum transportasi antara 1,75 TL - 2,10 TL. Sedangkan untuk pelajar akan dikenakan tarif khusus, menjadi 1 TL - 1,40 TL. Beberapa kota seperti İstanbul, Konya, dan Kayseri memberikan biaya transportasi cuma- cuma bagi mahasiswa penerima beasiswa MEB.


 B. MAKANAN
Makanan di Turki harganya bervariasi, dari yang paling murah 4 TL hingga 30 TL. Dengan 4 TL kita bisa mendapatkan makanan sejenis döner , atau nasi ayam khas Turki. Untuk makanan khas rumahan Turki berada di kisaran 5 TL hingga 15 TL, sedangkan untuk menikmati ikan bisa mencapai 25 - 30 TL per porsi.
Makanan-makanan khas Turki bisa kita dapatkan di mana saja, tersedia di semua tempat. Beberapa jenis makanan itu adalah berbagai macam çorba, döner, pide , berbagai macam jenis manisan ( tatlı ) seperti b a k l a v a, k ü nefe , berbagai macam susu olahan seperti yoğurt dan ayran , juga berbagai macam makanan kahvaltılı k (sarapan pagi) seperti buah zaitun, peynir , kaymak , sucuk , dan lain-lain.
Di Turki makanan instan, seperti Indomie dijual dengan harga 1 TL per bungkus. Makanan pokok masyarakat Turki adalah roti, sehingga segala macam masakan akan selalu disandingkan dengan roti, termasuk ketika makan ikan. Harga sebuah roti berkisar antara 0,50-1 TL. Jika ingin makan nasi sebaiknya membawa rice cooker dari Indonesia, karena di Turki tidak dijual. Harga 1 kg beras yang termurah adalah 3.20 TL.
 (Indomie di turki)

Untuk buah-buahan dan sayur-sayuran juga tersedia melimpah di Turki. Pada musim-musim tertentu harga buah-buahan dan sayur-sayuran sangat murah. Bahan makanan ini tersedia di pasar-pasar maupun supermarket.

Teh merupakan minuman yang sering disajikan di setiap tempat di Turki. Di rumah, di sekolah, di restoran, di terminal, bahkan di jalan-jalan. Masyarakat Turki sangat suka meminum teh yang panas, paling sedikit dalam sehari mereka dapat minum sebanyak 10 gelas. Mereka menambahkan gula ke dalamnya. Gelas yang dipakai sangat unik, karena tidak bisa kita temukan di Indonesia. Tempat untuk membuat tehnya dinamakan çaydanık . Ada dua bagian dari çaydanlik ini. Bagian atas untuk teh yang kental, sedangkan bagian bawah untuk air panas. Di setiap pertemuan, dalam kondisi cuaca yang panas atau dingin teh menjadi pilihan masyarakat Turki dan kalianpun di Turki akan sering meminumnya.

C. KOMUNIKASI DAN ELEKTRONIK
Pemerintah Turki termasuk ketat dalam kebijakan alat komunikasi. Alat komunikasi yang dibawa dari luar Turki harus didaftarkan melalui provider perusahaan lokal agar bisa digunakan, jika tidak didaftarkan maka akan diblokir dan alat komunikasi tidak akan bisa digunakan. Kebijakannya adalah satu passport hanya berlaku untuk satu alat komunikasi.
Ada 3 provider selular di Turki, yaitu Tü rkcell, Avea,dan Vodafone . Harga pulsa mulai dari  5 TL sampai  100 TL. Selain itu, kita perlu bijak menggunakan pulsa yang dibeli. Untuk itu, pilihlah paket-paket yang sesuai dengan keperluan. Jika tidak menggunakan paket, harga satu sms bisa mencapai 0.4 TL atau sekitar Rp.2000. Beberapa perusahaan komunikasi memberikan paket yang murah untuk para pelajar dan remaja. Dapatkan informasi mengenai paket-paket yang ditawarkan oleh provider lewat website provider yang bersangkutan.
Harga barang elektronik di Turki jauh berbeda dengan yang di Indonesia, selisihnya berkisar antara 100 TL hingga 200 TL. Perbedaan harga yang mencolok dapat dilihat pada harga barang-barang elektronik, misalnya handphone dan laptop. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membeli barang- barang elektronik di Indonesia. Mengenai stop kontak atau socket yang digunakan di Turki adalah seperti yang umumnya digunakan di Indonesia yaitu dua kaki.


D. BARANG KONSUMSI DAN PAKAIAN
Kebutuhan akan barang-barang konsumsi juga menjadi perhatian, mengingat barang-barang tersebut tergolong mahal jika di-Rupiah-kan. Misalnya, untuk pasta  gigi produk unilever dihargai 6 TL - 10 TL, sabun mandi 2 TL - 8 TL, dan shampoo 4 TL - 10 TL. Sedangkan untuk pakaian, tertutama pakaian musim dingin berada dikisaran harga 40 TL hingga  200 TL.  Pakaian yang dimaksud adalah jaket, sweater, dan mantel.
Penduduk Turki lebih memilih produk hasil produksi mereka sendiri dibandingkan dengan produk dari luar negeri. Oleh karena itu, di tempat- tempat perbelanjaan banyak kita dapatkan produk-produk buatan Turki.
(view kampus saya METU)
Beberapa produk Indonesia yang dijual di Turki adalah sepatu olahraga, beberapa jenis kopi, barang pecah belah seperti piring, dan lain sebagainya.
  







daerah tempat tınggal saya





Mengapa Turki ?

             Turki merupakan salah satu negara dengan peran dan posisi strategis di dunia. Perekonomian Turki tumbuh sangat pesat, bahkan menempati peringkat kedua di bawah Cina yang mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi 8% per tahun. Pendapatan ekonomi diperoleh dari sektor pariwisata dan industri. Kemajuan perekonomian yang pesat  tersebut didukung juga dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai. Terdapat beberapa universitas - universitas unggulan yang diakui di dunia. Sebagian besar universitas di Turki telah diakui oleh Uni Eropa, sehingga memungkinkan terjadi pertukaran pelajar melalui program Erasmus.
Saat ini sekitar 26 ribu pelajar internasional dari kurang lebih 147 negara sedang mengenyam pendidikan di negara yang dahulunya menjadi pusat Kerajaan Osmanlı ini. Bahkan dalam lima tahun terakhir terdapat peningkatan yang sangat signifikan jumlah mahasiswa dan pelajar asing hingga mencapai 59%. Pada tahun 2008, pemerintah Turki menjalin kerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam bidang pendidikan. Pemerintah Turki melalui kedutaan besarnya memberikan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang berminat untuk belajar di Turki, mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3. Selain itu, Pemerintah Turki juga menyediakan beasiswa penelitian dan kursus Bahasa Turki yang hanya berlangsung selama musim panas.
Saat ini jumlah pelajar Indonesia yang melanjutkan sekolah di Turki mencapai 350 pelajar lebih. Setiap tahun Pemerintah Turki menyediakan kuota beasiswa untuk Indonesia sebanyak 45 orang untuk jenjang S1, 14  orang untuk jenjang S2, dan 10 orang untuk jenjang S3.


teman satu angkatan







while celebrating my friend's birthday



Pendidikan Tinggi

Belajar di Turki merupakan pengalaman yang luar biasa. Selain karena mengingat peradaban Turki yang maju baik di masa lalu maupun sekarang, Turki memiliki kerja sama dengan Uni Eropa dalam bidang pendidikan melalui program Erasmus, yaitu program pertukaran mahasiswa yang melibatkan antar mahasiswa di negara-negara uni eropa. Melalui program tersebut, mahasiswa yang menempuh pendidikan di Turki memiliki peluang untuk mengambil mata kuliah di salah satu negara eropa yang memiliki hubungan bilateral dengan universitas bersangkutan dalam kurun waktu  minimal 1 semester dan berlaku untuk semua jenjang pendidikan.
Universitas-universitas di Turki menawarkan,
1.       Pendidikan yang berstandar tinggi. Kualitas pendidikan dan staf pengajar di universitas-universitas di Turki menawarkan kepada Anda kesempatan untuk mendapatkan kemampuan yang dibutuhkan dunia global.
2.       Gelar yang diakui secara internasional Gelar yang diberikan universitas-universitas di Turki diakui di seluruh dunia.
3.       Kampus yang Modern dengan Fasilitas yang Lengkap Anda akan mendapatkan perpustakaan dan  laboratorium yang modern dimana Anda dapat melakukan penelitian dan memperoleh pengetahuan. Juga, dengan fasilitas olahraga, gedung kebudayaan, klub-klub siswa, dan asrama, Anda dapat menikmati menjadi pelajar di Turki.
4.       Keberagaman Budaya Begitu kayanya keberagaman di Turki, Anda akan menemukan budaya Timur dan Barat bersamaan. Anda tidak akan menjadi orang asing di Turki, karena mosaik budaya yang telah tertanam dalam budaya Turki.
5.       Pendidikan yang Aman dan Terjangkau Turki adalah tempat dimana Anda dapat menemukan pendidikan yang terjangkau. Biaya SPP dan biaya hidup yang murah dibandingkan dengan kebanyakan negara Eropa dan Amerika.
6.       Kehangatan dan Keramahan Lingkungan Turki disebut sebagai young nation, karena 31% penduduknya berusia di antara 12-24 tahun. Oleh karena itu, Turki menyambut baik para kaum muda. Terlebih secara budaya dan adat, penduduk Turki sangat ramah.

 
Sarjana Undergraduate/Lisans
Untuk masuk ke universitas di Turki, setiap calon mahasiswa program sarjana harus sudah menyelesaikan pendidikan SMA dan memperoleh ijazah dan transkrip nilai resmi. Ijazah dan transkrip tersebut sebaiknya sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
Pemerintah Turki menyediakan tes khusus yang diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang ingin sekolah di Turki, semacam ujian saringan masuk, yaitu YÖS ( Yabanci Uyruklu Ö ğ renci S ı nav ı ). Nilai yang diperoleh nantinya akan menjadi acuan dalam memilih universitas. Selain itu, di Turki banyak sekali lembaga pendidikan atau belajar yang menyediakan kursus persiapan ujian YÖS. Selain YÖS ada beberapa universitas yang menggunakan SAT ( Scholastic Assessment Test ) resmi dari penyelenggara SAT.
Selain kedua hal diatas, beberapa universitas yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris mengharuskan pelamar memiliki sertifikat TOEFL resmi dari penyelenggara internasional (ETS). Masing-masing universitas memiliki standar nilai minimum yang berbeda-beda. Informasi lebih lanjut mengenai nilai minimum ini bisa didapatkan di situs universitas yang berkaitan.
Bagi yang tidak memiliki sertifikat resmi TOEFL maka diharuskan mengikuti E n g li s h P r o fi c i e n c y T e s t yang diselenggarakan oleh universitas bersangkutan menurut jadwal yang telah ditentukan. Sebagai catatan, tidak semua universitas menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris, sebagian besar masih menggunakan Bahasa Turki. Sehingga beberapa universitas mengharuskan para pelamar dari luar negeri untuk  menyertakan sertifikat Bahasa Turki resmi dari TÖMER ( T ü r k ç e D il Ö ğ r e ti m i A r a ş tı r m a v e U y g u l a m a M e r k e z i ) atau Pusat Pengajaran dan Penelitian Bahasa Turki. Di Turki ada beberapa lembaga pendidikan Bahasa Turki yang diakui diantarnya yaitu TÖMER Ankara Üniversitesi dan TÖMER Fatih Üniversitesi.
Masa belajar dimulai pada bulan September sampai pertengahan bulan Januari untuk güz dönem i , dan untuk bahar dönemi dimulai pada pertengahan bulan Februari sampai bulan Juni tiap tahunnya.


visit to Indonesıa stand

Persyaratan Beasiswa MEB
Bagi para pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan jenjang pendidikannya di Turki dengan beasiswa, Pemerintah Turki memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia sebanyak kurang lebih 70 orang tiap tahunnya. Pembukaan beasiswa biasanya dilakukan pada Bulan April dan ditutup pada Bulan Juni tiap tahunnya. Untuk informasi lebih detail dan komprehensif kalian


 dipersilahkan untuk menghubungi Ibu Lenny Hafael di Kedutaan Besar Republik Turki di Jakarta.
Berikut adalah persyaratan yang biasanya diminta oleh pihak kedutaan.
A. Program Sarjana
1.       Mengisi formulir beasiswa yang dilampiri 1 lembar pasfoto 4x6 cm
2.       Fotokopi ijazah 2 lembar
3.       Dua berkas fotokopi rapor dan nilai UAN
4.       Surat keterangan kesehatan
5.       Satu pasfoto ukuran 4x6
6.       Fotokopi paspor bagian identitas serta halaman lain yang terdapat stempel resmi di atasnya, jika tidak memiliki pas s por t dapat melampirkan kartu identitas resmi yang lain
7.       Ijazah TÖMER jika punya
Catatan:
·         Berkas nomor 2, 3 dan 4 harus diterjemahkan ke dalam salah satu dari bahasa Turki, Inggris atau Perancis.
·         Dokumen-dokumen tersebut harus sudah disahkan pihak berwenang atau oleh Kedutaan Besar Turki.
 B. Aplikasi Program Master/Ph.D
1.       Mengisi dua lembar formulir beasiswa masing-masing dilampiri pas foto 4x6 cm
2.       Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir 2 lembar
3.       Fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisir 2 lembar
4.       Curriculum vitae 2 lembar
5.       Surat rekomendasi dari 2 profesor masing-masing 2 lembar.
6.       Surat Keterangan Kesehatan
7.       Satu pasfoto ukuran 4x6
8.       Fotokopi paspor bagian identitas serta halaman lain yang terdapat stempel resmi di atasnya, jika tidak memiliki paspor dapat melampirkan kartu identitas resmi yang lain.
9.       Ijazah TÖMER jika punya.
Catatan:  Berkas nomor 2 sampai 6 harus diterjemahkan ke dalam salah satu dari bahasa Turki, Inggris atau Perancis.  Dokumen-dokumen resmi harus sudah disahkan pihak berwenang atau oleh Kedutaan Besar Turki.
Berikut adalah beberapa ketentuan-ketentuan umum beasiswa Pemerintah Turki (MEB),
1.                          Beasiswa disampaikan melalui jalur diplomatik. Bagi calon pelamar mengajukan kepada badan resmi/Kedutaan Besar Turki di Jakarta.
2.                          Para calon diseleksi oleh suatu komisi yang terdiri dari para wakil dari Kedutaan Besar Turki.
3.                          Dokumen para calon harus disampaikan kepada Kementrian Pendidikan Nasional Turki lewat jalur diplomatik.
4.                          Para penerima beasiswa calon pra sarjana dan sarjana harus menggunakan visa “pendidikan”. Para calon penerima beasiswa kursus bahasa Turki musim panas dapat mengikuti kursus TÖMER selama 2 bulan dengan menggunakan visa turis.
5.                          Mahasiswa pra sarjana dan sarjana harus mengikuti kursus bahasa Turki selama 1 tahun di TÖMER untuk dapat diterima di perguruan tinggi dan harus bisa mencapai tingkat tinggi (TÖMER Diploma).
6.                          SPP, pembayaran asrama dan anggaran kesehatan (tidak termasuk penyakit kronis, operasi serius, prosthesis, jaw orthopaedics , dan orthodontics ) dibiayai oleh pemerintah Turki.
7.                          Mahasiswa sarjana dituntut memiliki nilai tinggi pada ijazah SMA. Lembaga SMA dimana ia lulus harus sepadan dengan SMA di Turki. Ijazah para calon pelamar tidak boleh melebihi 2 tahun dari sejak kelulusan. Batas umur tidak lebih dari 25 tahun pada saat melamar.
8.                          Para pelamar harus tidak terinfeksi penyakit menular (HIV, Hepatitis-C, dll) dan tidak terkena penyakit yang dapat menghambat studi di Turki.
9.                          Jika seorang mahasiswa tidak bisa lulus dalam waktu tahun ajaran akademik maka ia diberi ekstra waktu 2 tahun, tapi jika mahasiswa tersebut masih tidak bisa lulus dalam masa tersebut maka beasiswanya akan ditangguhkan.
10.                      Mahasiswa dianggap bisa menerima segala persyaratan asrama dan persyaratan beasiswa sebagaimana tersebut dalam dokumen.

serta informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website ini
 http://www.turkiyeburslari.gov.tr/index.php/en/

Penting Buat Kalian

Menyesuaikan Hidup di Turki

Menyesuaikan hidup di Turki pastinya memerlukan waktu, karena perbedaan kultur, cuaca, dan terutama makanan. Pada awalnya, kalian akan merasakan frustasi, kesendirian, atau homesick . Perasaan tersebut adalah hal yang lumrah dialami oleh semua pelajar Indonesia. Diperlukan kesabaran dan kegigihan untuk bertahan, dan pada akhirnya Kalian akan terbiasa dengan semua itu. Berikut beberapa tips bagaimana menyesuaikan hidup di Turki :
1.       Berpikir positif Selalu mengingat tujuan kalian ke Turki.

2.       Tetap aktif Cobalah untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan, baik itu kegiatan-kegiatan penunjang akademik maupun kegiatan-kegiatan keorganisasian. Perhimpunan Pelajar Indonesia Turki (PPI Turki) bisa dijadikan sarana untuk mengembangkan diri dalam aspek organisasi.  Aktif dalam mengembangkan hobi bersama teman atau berolahraga juga membantu kalian beradaptasi di sini. Atau kalian dapat bergabung dengan organisasi yang sifatnya lebih global.

3.       Bersosialisasi Aktif dalam menjalin komunikasi baik dengan pelajar-pelajar Indonesia maupun dengan pelajar-pelajar lain membantu kita menyesuaikan dengan kondisi Turki secara lebih cepat. Utarakan masalah-masalah yang kalian hadapi kepada teman-teman yang sudah berpengalaman.

4.       Fleksibel, Cobalah untuk senantiasa masuk ke dalam lingkungan yang berbeda-beda. Hal ini membantu kita menjadi pribadi yang luwes dan dapat beradaptasi dengan cepat.

itu aja sih yang yang bisa saya informasikan. jangan malu malu untuk bertanya kepada temen-temen yang udah lama menetap di turki kalau kalian ada niat melanjutkan studi di turki.

Terima Kasih

wedding party in sakarya

hehe


ODTU Center :)
:) ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENGINEERING VS SCIENCE