PUASA ITU KEREN


PUASA ITU KEREN

 Makna puasa yg sesungguhnya memberikan manfaat secara kesehatan, psikologis dan mengikuti sunah berbuka puasa yg baik.
 
Kesehatan merupakan nikmat yg tdk dapat dinilai dengan harta benda. Supaya tetap sehat tubuh perlu diberi kesempatan untuk beristirahat. Puasa mensyaratkan untuk tidak makan, minum dan perbuatan-perbuatan lain yg dapat membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Tanpa disadari puasa sangat bermanfaat untuk menjaga  jasmani dan rohani.  Puasa dapat mencegah penyakit yg timbul karena pola makan dan pola hidup yg tidak baik. Sejak dahulu kala belum pernah terdengar kabar kalau manusia yg menjalani puasa akan menjadi sakit atau bahkan mati. Jadi apa makna puasa bagi kesehatan kita ?

Saat hari-hari tidak berpuasa hampir setiap hari, makanan dan minuman masuk kedalam tubuh kita, lain halnya saat kita puasa.Sahur dan berbuka adalah saat kita makan dan minum. Mengapa islam sangat menganjurkan puasa pada umatnya terutama di bulan Ramadhan ?

Dengan berpuasa kita dapat mencegah penyakit yg timbul karena pola makan yg berlebihan. Selama 1 tahun alat pencernaan pada tubuh manusia bekerja siang dan malam untuk mencerna berbagai macam makanan yg manusia makan. Maka pengaruh puasa terhadap jasmani adalah memberikan kesempatan pada alat pencernaan kita untuk beristirahat. Perlu kalian tahu bahwa puasa adalah terapi yg sudah ada sejak jaman sebelum nabi.

Dengan puasa berarti membatasi kalori yg masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yg dapat membersihkan zat-zat yg bersifat racun dari dalam tubuh.  Selain itu puasa juga menambah sel darah putih sehingga dapat mningkatkan daya tahan tubuh dan mendorong  terjadinya pergantian sel-sel tubuh yg rusak  dengan yg baru. Puasa juga meningkatkan daya serap makanan, memperbaiki fungsi hormone dan meningkatkan fungsi organ tubuh.Makanan yg berlebihan gizinya belum tentu baik untuk kesehatan seseorang apalagi makanan-makanan yg sembarangan.Pada saat puasa sebaiknya kita bijak dalam memilih makanan.Jika dibiarkan semakin lama semakin menimbulkan penyakit degenerative seperti kolestrol, trigliserida tinggi, jantung coroner, diabetes mellitus dan masih banyak penyakit mematikan lainnya.

Saat sahur dan berbuka puasa lebih baik menghindari makan makanan yg terlalu banyak menghasilkan asam seperti daging, beras putih, gula putih, makan yg banyak mengandung minyak atau gorengan, jeruk nipis dan khusunya apabila dimakan berlebihan.Akibatnya tubuh menjadi terlalu asam sehingga kerja limfa, hati dan jantung yg berfungsi untuk menjernihkan darah terlalu dijejali pekerjaan.Sampah beracun yg seharusnya terbuang dengan baik masih mengendap dalam tubuh hasilnya tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

Para dokter pun sepakat bahwa penimbunan racun di dalam tubuh merupakan penyebab utama sakit bukan dikarenakan oleh kuman-kuman penyakit dari luar. Bakteri dan virus menyakiti kita apabila kondisi badan lemah akibatnya racun yg tertimbun didalamnya. Cegah penyakit dengan berpuasa.

Pernahkah anda tahu bagaimana membersihkan pipa air minum yg tersumbat ?untuk membersihkannya harus menghentikan aliran air terlebih dahulu kemudian mencuci  alat-alat saringannya. Puasa hampir sama dengan proses tersebut. Hentikan  makanan yg terus menerus masuk dalam tubuh dan secara otomatis membersihkan diri sendiri. Berpuasa juga menyegarkan kembali semua sistem dan mengembalikan kemudaan semua sel, jaringan otot dan pembuluh darah.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda “bagi tiap-tiap sesuatu ada pembersihnya  dan pembersih badan kasar (jasad) ialah puasa” {HR. Ibnu Majah}

Dari hadist tersebut para ahli meneliti manfaat berpuasa bagi tubuh antara lain fasten institute sebuah lembaga puasa di jerman menggunakan puasa untuk menyembuhkan penyakit yg sudah tidak dapat diobati lagi dengan penemuan-penemuan ilmiah di bidang kedokteran. Metode ini dikenal dengan istilah “DIET” yg berarti menahan, berpantang unuk makanan-makanan tertentu. Dr. Abdul Aziz Ismail dalam bukunya yg berjudul “Al Islam wat Tibbul Hadits” menjelaskan bahwa puasa adalah obat dari bermacam-macam penyakit diantaranya kencing manis, diabetes, darah tinggi, ginjal, dan sebagainya. Dr. Alexis Carel seorang dokter internasional dan pernah memperoleh nobel dibidang kedokteran menegaskan bahwa dengan berpuasa dapat membersihkan pernafasan. Seorang dokter Mac Fadon bangsa Amerika sukses mengobati pasiennya dengan anjuran berpuasa setelah gagal  dengan obat-obatan yg ilmiah.

Dengan melaksanakan tata cara puasa yg baik, sahur dengan makan makanan yg secukupnya, minum banyak air putih begitu pula berbuka. Memakan makanan yg  cukup manis dan dalam jumlah yg bijak. Maka selain beribadah di jalan Allah, puasa kita jadi lebih bermakna, menyehatkan tubuh kita.

“… Maka barang siapa di antara kamu ada yg sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka) maka (wajiblah) baginya berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yg berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah {QS. Al-Baqarah : 184}

Tubuh kita bisa diibaratkan sebagai mesin mobil. Perlu dipelihara dan di maintenance beberapa waktu sekali, perlu dicek secara berkala haruus menggunakan oli yg bekualitas agar mesin tidak cepat bobrok. Mengisinya dengan bahan bakar bensin murni agar senantiasa awet. Sama seperti tubuh kita, untuk mendapatkan yg sehat tubuh kita perlu dirawat salah satunya dengan cara berpuasa.
“Berpuasalah maka kamu akan sehat”. {HR. Ibnu Suny dan Abu Nu’aim}

Dalam mengatur pola makan sahur amatlah penting untuk mengimbangi zat gizi yg tak diperoleh tubuh selama sehari berpuasa.Anjuran sahur bukan semata-mata untuk mendpatkan tenaga yg prima selama menunaikan ibadah puasa, melainkan juga mengandung makna bahwa puasa perlu persiapan agar selama berpuasa produktivitas kerja dan aktivitas kita sehari-hari tidak terganggu. Menurut ilmu kedokteran, makanan yg dipilih untuk sahur adalah makanan yg banyak mengandung karbohidrat sehat seperti nasi merah, kentang, atau ubi-ubian lebih tahan lama dalam membuat gula stabil sehingga mood menjadi lebih baik.Selain itu makan makanan yg berserat dan berkuah seperti buah-buahan dan sayur karena dapat membersihkan usus dan mengurangi rasa lapar dan haus ditambah perbanyak minum air putih.Menurut penelitian ilmiah, utamakan air, vitamin, dan elektrolit.Ketika tidur tubuh kita kehiangan berat 1-2 kg danitu adalah air.Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yg baik selain itu menambahkan vitamin atau madu pada waktu sahur.Menutu penelitian ilmiah juga, madu memiliki banyak fitokimia dan flavonoid serta anti oksidan yg bisa meningkatkan serta memelihara kesehatan.Makan 1-2 sendok madu saat sahur ataupun berbuka memberikan pasokan energy lebih untuk melakukan aktivitas.

Selain sahur, berbuka puasa adalah saat-saat yg dinanti oleh umat muslim. Semua menyambut gembira menyambut berbuka puasa. Kolak, es buah, kue manis selalu tersedia sebagai pembuka. Oleh karena itu perasaan menunggu saat berbuka puasa menjadikan seperti orang kalam. Sebagai umat muslim yg beriman dan bertakwa, mengikuti sunah-sunah rasul adalah wajib hukumnya. Termasuk sunah berbuka puasa yg telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

“Rasulullah SAW berbuka sebelum shalat mahgrib”. {HR. Ahmad, Abu Dawud}

Rasulullah SAW juga menganjurkan kita untuk menyegerakan buka dan tidak menunda-nunda waktu berbuka.

“Manusia akan terus dalam kebaikan selama menyegerakan buka”. {HR. Bukhari dan Muslim}

Menyegerakan berbuka akan menghasilkan kebaikan tapi bukan berarti melalaikan ibadah lainnya seperti shalat mahgrib atau tarawih. Dengan memberi sesuatu yg manis pada perut yg kosong maka tubuh akan lebih siap menerima dan mendapatkan manfaatnya misalnya buah-buahan. Menurut penelitian, buah-buahan memiliki gula alami sehingga memenuhi kebutuhan glokosa dalam waktu cepat.Selain itu, buah juga mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan antioksidan.Menyantap 3 buah kurma juga bisa jadi awal yg baik untuk berbuka.

“Rasulullah SAW menganjurkan berbuka dengan kurma kalau tidak ada dengan air”

Akan tetapi tidak dengan jumlah yg berlebihan.Menurut ilmu kedokteran secara ilmiah, buah kurma mengandung glukosa, fruktosa dan kalium yg tinggi sebanyak 64% lebih tinggi dari buah pisang.Nutrisi ini disebut beta B glukan yg merupakan serat larut yg bermanfaat bagi kesehatan serta bisa mempertahan rasa kenyang lebih pada tubuh.Dan yg paling penting adalah berbagi makanan kepada orang yg berbuka puasa karena Allah menjanjikan pahala yg setimpal bagi orang berbagi makanan kepada orang yg berpuasa.

Rasulullah SAW bersabda “barang siapa memberikan makan seorang yg berpuasa, ia mendapatkan pahala seperti orang yg berpuasa tanpa mengurangi sedkitpun pahalanya”. {HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah}

Dengan mengikuti sunah rasul maka sempurna lah amal ibadah puasa kita termasuk. kita termasuk golongan yg diridhaiNya di surge.Semoga kita termasuk orang-orang yg diberkahi dan diberi balasan ibadah puasanya.

“Ya Allah, berilah makan orang yg telah memberikan makan kepadaku dan berilah minum kepada orang yg telah memberi minum kepadku” {HR Muslim dari Al miqdad}

Alhamdulillah

Artikel ini saya rangkum dari sebuah acara program kompas tv yg berjudul "islam is me - Puasa itu keren"  dengan sedikit saya edit demi memudahkan pembaca dalam memahaminya.

saya suka sekali dengan acara program tersebut karena menceritakan fakta-fakta yg terkait dengan islam. Serta diberikan pula sumbernya dari hadists dan Al-quran.

kalian bisa googling atau searching di youtube dengan akun kompastv

selamat bulan Ramadhan
salam dari Ankara, Turki

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENGINEERING VS SCIENCE

Guide to Studying and Living in Turkey