SEMESTER TERBERAT SEASON 1

                Tugas,proyek, laporan, pratikum laboratorium, kerja kelompok, dikejar deadine, kopi, tidur larut malam, kesiangan, mbolos, males, pinjam catetan teman, gurunya gak enak ngajarnya dan masih banyak lagi. Itu semua adalah kata-kata sering kita dengar dan terucap dari kebanyakan mahasiswa. Dan ada 2 isitilah yang gak kalah popular yaitu Ujian Tengah  Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).
Keadaan meja belajar saat mendekati final exams

Tepat dimana saya menimba ilmu, Middle East Technical University Ankara Turki, tanggal 20 Januari 2016 pukul 17.00 waktu Turki adalah hari yang paling spesial dan sekaligus hari kemenangan tersendiri bagi ku karena otak ini memang perlu istirahat setelah menjalani 2 midterm dan 1 Final dari 8 pelajaran dalam 3 bulan 2 minggu untuk 1 semester. Benar-benar sesuatu yang tidak mudah mengambil 8 pelajaran dengan 27 kredit (SKS) dalam semester 5 ini. Tentu begitu banyak waktu dan kerja keras dikorbankan untuk menyelesaikan masa-masa semester ini dengan baik. Sampai – sampai tidur hingga 3-4 jam dalam sehari, banyak kopi yang dikonsumsi, terkadang waktu tidur sudah gk teratur semisal setelah sholat isya jam 7.30 malam langsung tidur dan bangun jam 12 untuk lanjut belajar hingga tidak tidur lagi sampai berangkat sekolah. Sekalian Ada pepatah gaul juga yang mengatakan “Lo udah start maka lo harus finish in”. Jadi memang harus di-accomplish J
 
mading belajar dipenuhi dengan rumus-rumus

Semua tumpukan kertas ini adalah tugas mingguan dari 6 pelajaran

               
        Postingan kali ini ingin berbagi sedikit tentang apa saja yang telah aku pelajari dari setiap subyek pelajaran yang aku ambil disemester ini. Bisa dikatakan di tingkat semester 5 ini memang semester yang sangat berat dan susah karena pelajaran-pelajarannya mulai fokus pada suatu sub materi dan kasus-kasusnya sangat real sehingga pengimplentasiannya mulai abstract dan rumit. Walaupun rumit dan abstract tetapi bisa dikatakan asyik, menyenangkan karena approaching masalahnya sangat practical dan sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dimention di atas bahwa ada 8 subyek pelajaran, Physical Chemistry 2, Chemical Process Calculations, Analytical Chemistry for Engineers, Heat and Mass Transfer Operations, Fundamental of Electrical Engineering, Chinese 2, Introduction to Differential Equations dan Turkish Revolutions 2. Berikut sedikit gambaran tentang pelajaran-pelajaran tersebut :

1.       Chemical Process Calculations
Buku Elementary Principles of Chemical Processes adalah buku yang digunakan dikelas

Pelajaran ini adalah salah satu pelajaran wajib diperuntukkan untuk jurusan teknik kimia. Secara garis besarnya pelajaran ini membahas bagaimana suatu phenomena dan proses bisa terjadi secara physical dan kimiawi. Tujuan dari course ini khususnya untuk anak teknik kimia ialah agar mampu menelaah dan mendeksripsikan dari setiap proses yang terjadi pada suatu system tertutup maupun terbuka berbasis energy balance dan material balance dan mampu menunjukkannya secara sistematis melalui kalkulasi yang terstruktur. To be honest, this course is so cool. Karena kita bisa mengetahui secara detail bagaimana input dan output selalu berbanding lurus. Contoh yang paling sederhana ialah saat kita membuat nasi menggunakan rice cooker. Nasi dan air sebagai output dan beras dan air sebagai input. Untuk pendekatan material balancenya, berapa banyak input yang digunakan, sebanyak itu pula output yang didapatkan. Seberapa banyak beras dan air yang di gunakan, sebanyak itu pulalah nasi yang diperoleh. Kok berat nasi nya tidak sama dengan berat beras dan airnya ? jangan lupa bahwa kita punya output satu lagi yaitu uap yang dihasilkan dari rice cooker.
Inti yang paling aku tangkap dari course ini adalah hukum keseimbangan

(INPUT) – (OUTPUT) + (GENERATION) – (CONSUMPTION) = (ACCUMULATION)
Sebuah kasus semisal kisah perjalanan ke Sekolah,

Input                  : Sarapan yang kita makan sebelum berangkat
Consumption     : Keringat dan capek yang kita rasakan
Generation         : Semisal kita naik bis atau kendaraan menuju ke sekolah
Accumulation    : Semisal kita ada teman yg ngangenin di kelas atau mau ketemu seseorang … eh     makanya termotivasi untuk sampai ke sekolah.
Output                 : Sampai dengan selamat ke sekolah dan mendapatkan ilmu yang berguna

Itu adalah salah satu contoh analogi konsep dari hukum keseimbangan dan hukum ini valid untuk semua kasus yang kita temui sehari-hari. Coba kalian pikirkan satu kasus yang sering kalian temui, pasti akan mengikuti persamaan di atas :)
Tiap minggu guru saya selalu memberikan PR dan project. PR nya berkaitan dengan masalah-masalah yang sering ditemui pada perusahaan-perusahaan kimia serta projectnya berkaitan tentang bagaimana mendesign suatu proses dengan menggunakan alat-alat  seperti mixer chamber, heat exchanger, turbine, condenser, evaporator, separator, distillation column, reactor dan lain-lain agar hasil output yang diperoleh maksimal dan prosesnya pun effisien.
Kalau kita bandingkan persamaan tersebut dengan islam, jika seorang insan melakukan amal baik, istiqomah di jalan Allah, maka Allah akan menjanjikan ia sebuah surga untuknya, tetapi apabila seseorang melakukan amal buruk dan menentang perintah Allah, maka ia akan masuk neraka.

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan

berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir

sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan

dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah

diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah : 25)

2.     Analytical Chemistry For Engineers
Buku Fundamentals of Analytical Chemistry 
Pelajaran kimia analisis khusus teknik adalah pelajaran disediakan oleh jurusan kimia yang mempelajari tentang basis teori kimia analsis, evaluasi data dan error, teori dan aplikasi volumetri asam dan basa, molecular spectroscopy, electroanalytical chemistry, potentiometry dan chromatography. Bagi yang suka berexperiment di lab, pelajaran sangat pas buat kamu. Jadwal lab nya 2 minggu sekali dan berlangsung kurang lebih 4 jam dalam 1 experiment. Kita diwajibkan untuk mengikuti prosedur experiment. Ada quiz dari setiap experiment dan laporan yang harus jelas dengan data-data yang valid. As I experienced, this course really spends much time so much. Tugas labnya Masya Allah so detail, need to be perfect. Pokoknya semalaman belajar cuma untuk buat laporan lab. Walaupun susah dan repot, doing the experiment is so fun,  contohnya adalah experiment tentang mengetahui kandungan protein pada susu cair yang dijual di supermarket dengan metode khjedahl, neutralization titration, complex formation titration, precipitation titration, permanganometry dan gravimetric.
Tumpkan kertas ini adalah laporan-laporan lab selama 1 semester -,-
Manfaat pelajaran ini sangat banyak sekali khususnya yang mau bekerja di laboratorium, yaitu kita jadi tau bagaimana teknik yang digunakan di laboratorium, tau bagaimana cara memilah milih data yang valid dan error, dan tau bagaimana melakukan kalkulasi yang tepat untuk menganalisa hasil experiment.

3.       Fundamental of Electrical Engineering
Ini merupakan salah satu pelajaran elektif tetapi bersifat restricted yang ditawarkan dari jurusan teknik elektro. Pelajaran ini menjelaskan tentang  basic electrical quantities, fundamental circuit laws, sinusoidal steady-state analysis and transformers, three phase circuits, principles of electromechanical energy conversion, DC and AC machines dan Electrical safety.
Mengapa aku tertarik mengambil pelajaran ini ? Soalnya pelajaran yang aku inginkan biochemistry, participantsnya sudah penuh :D jadi yaa gak bisa ambil. Terpaksa deh iseng ngambil pelajaran ini >.<
Awalnya mikir dan berekspetasi pelajaran ini adalah pelajaran yang sangat susah bahkan lulus aja sudah cukup karena berhubungan erat dengan fisika dasar dan listrik, tetapi setelah dicoba jalanin ternyata pelajaran ini sangat seru . Ternyata tidak sesusah yang dibayangkan mungkin karena suka  dengan gaya ngajar gurunya yang menjelaskannya dengan lebih praktis dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
Salah satu contoh yang pernah guruku beri ialah tentang memilih lokasi rumah. Sebaiknya kamu mencari rumah yang dekat dengan trafo listrik daripada yang jauh. Aku pun bertanya demikian, Karena trafo sebagai pusat pendistribusian listrik ke rumah-rumah. Semakin jauh yang didistribusikan artinya semakin panjang kabel yang dipakai dan semakin tinggi resistannya. Jika semakin tinggi resistannya maka semakin rendah pula kualitas listrik yang didistribusikan karena arus yang masuk akan rendah dan perbedaan potensial nya pun menjadi rendah. Hal ini yang menyebabkan voltase menjadi turun dan bisa merusak perabotan elektronik rumah.
Sering kita melihat bagian ini pada stopkontak di rumah. Jadi guruku cerita bahwa ada 2 bolongan itu adalah netral dan phase. Lalu yang disamping ada besi itu namanya ground. Mereka punya fungsinya masing2, untuk yang phase adalah bagian dari instalasi listrik yang mengandung tegangan . Aliran phase ini sangat berbahaya kalau disentuh dengan tangan langsung. Lalu yang bolongan satunya adalah netral. Walaupun menyentuh netral, kita tidak akan tersetrum karena sesuai namanya adalah netral yang artinya tidak mengandung mengandung tegangan. Sedangkan ground adalah salah satu perangkat penting pada perabotan elektronik yang bertegangan tinggi. Ground mempunyai fungsi untuk mengalirkan sebagian voltase yang mengalir dari rumah menuju tanah. Grounding yang baik juga harus consider akan tingkat kesuburan tanah. Jika tingkat kesuburan tanah tinggi, maka semakin baik sistem groundingnya. Teknik grounding ini sangat krusial dalam mengatasi tegangan tinggi petir ke rumah. Rumah yg memiliki sistem grounding yang baik, ia tidak akan kesambar petir.



4.       Heat And Mass Transfer Operations
Bagi teman-teman yang suka bertanya mengapa tiap kita makan makanan yg panas selalu meniupnya terlebih dahulu ? atau bagaimana mekanisme cara kerja kalorifer/system pemanas rumah ? Mungkin pelajaran ini bisa menjawab pertanyaan di atas dan memberikan gambaran secara umum bagaimana  panas bisa berpindah. Tidak hanya panas tetapi massa pun juga bisa berpindah sebagaimana panas berpindah.
Saat disuruh mendesign heat exchanger

3 buku refrensi pelajaran ini -.-

Komik saya menjelang pelajaran ini

Saat SD, kita pasti sudah diperkenalkan istilah konveksi, konduksi, dan radiasi. Panas selalu berpindah dari satu medium yang panas ke medium yang dingin. Sebenarnya pelajaran ini sangat banyak pengaplikasiannya. Kamu bisa tau mengapa saat di luar kita merasa suhu nya 11oF padahal suhu di luar 40oF dan berangin. Bahkan dari pelajaran ini kita bisa memprediksi sejak kapan kematian seorang mayat :D. Penasaran bagaimana pengaplikasiannya serta cara menghitungnya seperti apa. Stay tune on my blog J.

Dipostingan berikutnya saya akan berbagi dan mengupas sedikit tentang pelajaran heat and mass transfer ini dengan pengaplikasiannya yg lebih practical dan juga saya akan mengajak untuk belajar Bahasa Cina J.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENGINEERING VS SCIENCE

Guide to Studying and Living in Turkey